CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Saturday, December 5, 2009

Gunung Bunder


Wana wisata ini terletak pada ketinggian 830m dpl, konfigurasi lapangan umumnya datar sampai bergelombang. Kawasan ini mempunyai curah hujan 4000mm/tahun dengan suhu udara rata-rata 23C.

Potensi Kawasan
Wana wisata ini terdiri dari hutan tanaman (rasamala dan pinus) sumber air yang ada berupa sungai yang saat ini dimanfaatkan dengan cara mengalirkannya melalui parit untuk keperluan MCK dan air minum.

Potensi Visual menuju lokasi yang menarik adalah berupa pemandangan pegunungan dan persawahan yang menghijau sedangkan gejala alam /potensi visual lansekap didalam kawasan yang menarik adalah berupa pemandangan pegunungan dan pesawahan yang menghijau sedangkan gejala alam/potensi visual Lansekap didalam kawasan yang mempunyai daya tarik terhadap pengunjung adalah pegunungan, air terjun dan panorama malam kota Bogor.

Potensi Wisata
Wana wisata ini selain digunakan untuk wisata berkemah. Untuk kegiatan berkemah tersedia satu kompleks perkemahan dengan kapasitas tampung keseluruhan 30unit rumah (400 orang perkemah)
Bumi perkemahan Gunung Bunder diresmikan sekitar 1982, oleh Menteri Kehutanan. Luas lokasi sekitar 30ha dan biasanya dipenuhi pelajar dan mahasiswa ketika tiba musim libur sekolah dan liburan akhir tahun.

Fasilitas
Fasilitas yang ada berupa pondok kerja, tempat parkir, jalan setapak, papan-papan petunjuk dan MCK.

Aksesbilitas
Wana Wisata ini dapat dicapai dari Kecamatan Cibungbulang (15km), Ciampea (14km), kota Kabupaten Bogor (33km) dan (60km) dari kota Rangkas Bitung. Kondisi jalan umumnya beraspal dan baik, dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Sarana transportasi umum yang ada berupa kendaraan umum dan dilanjutkan dengan kendaraan carteran/motor ojek dari kota Kecamatan Cibungbulang atau Ciampea colt angkutan kota.

0 komentar: